Senin, 02 April 2012

Syair Imam Syafi'i Agar Kita Sukses

أخي لن تنا  العلم إلا بستة سأ نبيك عن تفصيلها ببيان 
ذكا ء وحرص واجتهاد وصحبة استاذ وبلغة وطول زمان


Salam hangat dari kami, santriwan dan santriwati Pesantren Qur'an SMPIT Ruhul Jadid, Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten. Semoga kita kemarin, hari ini dan esok, akan senantiasa istiqomah dalam dinullah Islam. Sholawat dan salam semoga senantiasa kita sampaikan kepada nabi agung, tauladan bagi kita semua.

Kami yang sedang fokus menghafal qur'an, dan menempuh pendidikan SMP di pesantren Ruhul Jadid, ingin berbagai semangat dan pesan untuk kita semua, pesan semangat untuk para penuntut ilmu dimanapun kita berada, terutama untuk para santri-santri yang sedang menghafal qur'an. 

Pesan ini datang dari Imam Syafi'i, beliu adalah seorang ahlul hadits, yang dilahirkan di Gaza, dan menuntut ilmu di Makkah, salah satu guru beliu adalah Imam Malik, penulis kitab Al Muwattho. Imam Syafi'i adalah seorang imam yang diberikahi hidupnya dengan ilmu, dia hafal qur'an pada usia belum genap 12 tahun.  Beliau memiliki syair yang sangat mahsyur dikalangan para pelajar. Sebagaimana tertera di atas, kata Imam Syafi'i " Saudaraku, kamu tidak akan mendapatkan ilmu, kecuali dengan enam hal, aku akan memberitahukannya kepada kalian dengan jelas. Yaitu Kecerdasan, tekad kuat, bersungguh-sungguh, memiliki bekal, menyertai guru dan waktu yang panjang. (dikutip dari buku cara mudah dan cepat menghafal Qur'an karya DR. Yahya bin Abdrrazzaq al-Ghautsani)

Pesan semangat ini adalah motivasi yang sangat berharga bagi kita. Para santri yang sedang menutut ilmu dimanapun hendaklah mengambil pesan ini sebagai ruh dalam jiwa, untuk kesuksesannya di masa yang akan datang. 

Kesuksesan, keberhasilan, beradanya seseorang di puncak kejayaan pasti sebelumnya akan memegang teguh prinsip ini. Pabila kita melihat sebuah rumah, kecerdasan adalah dinding menuju bangunan sukses, pondasi utamanya adalah tekad yang kuat, kesungguhannya adalah atap rumah kesuksesan, bekalnya adalah kamar-kamar yang ada didalam rumah tersebut, menyertai guru dan waktu yang panjang berbalut istiqomah adalah jalannya. Semoga kita mampu meraih cita-cita kita.....Fajri al Bankulani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar