Senin, 11 November 2013

Field Trip Ke ANRI dan Ragunan

Hari Jum'at 8 November 2013, santri Pesantren Al Quran Terpadu Ruhul Jadid unit SMPIT mengadakan fieldtrip (kunjungan belajar) ke ANRI (Arsip Negara Republik Indonesia) dan Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Kunjungan belajar ini adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Unit SMPIT dalam rangka memberi warna kekayaan belajar bagi setiap santri Ruhul Jadid. Baik yang sifatnya belajar langsung flora dan fauna atau belajar tentang sejarah perjuangan bangsa di Kantor ANRI. Begitu tutur koordinator Fieldtrip ust. Fajri kepada tim jurnalis SMPIT Ruhul Jadid.

Lebih jauh lagi, Kepala SMPIT Ruhul Jadid, Ust. Rahmatullah mengungkapkan, "kunjungan ke ANRI telah memberikan pencerahan kepada siswa dan siswi kami,tentang sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia, di masa sebelum merdeka sampai di era reformasi, dengan mengunjungi Diorama perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Diorama ANRI sebagaimana dikatakan oleh Ibu Ika, adalah reflika yang berupa patung-patung, tulisan, foto dan gambar, serta cuplikan-cuplikan film perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Walaupun hanya replika namun menggambarkan secara nyata kejadian yang sesungguhnya dari peristiwa - peristiwa perjuangan bangsa.

Diantara replika yang di lihat oleh santri Ruhul Jadid, yaitu bagaimana asal mula nama negara Indonesia yang dahulunya bernama indishe partij, yaitu sebuah organisasi kemahasiswaan yang ada di Belanda, dimana salah satu pengurusnya adalah Bung Hatta, Wakil Presiden Indonesia Pertama.

Selain berkunjung ke ANRI, tak kalah menariknya, santri RJ juga belajar di kebun binatang Ragunan. Walaupun sebagian besar wilayah Jakarta di guyur hujan, termasuk Ragunan, tapi tidak mengurangi semangat santri-santri RJ untuk belajar di sana. Tim jurnalis RJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar